Kamis, 17 November 2011

CTC : Willingness to Pay Study Nusa Penida

Coral Triangle Center (CTC) dibantu seorang volunteer Erasmus Mundus Msc - Cassandra Tania telah melakukan Willingness to Pay Study untuk Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida. Study ini merupakan bagian dari kajian terkait pembuatan mekanisme pendanaan jangka panjang untuk KKP Nusa Penida.

Dari sekitar 300 responden yang diwawancarai terdiri dari turis mancanegara (Amerika, Eropa, Australia dan Asia) dan domestik (Indonesia) beserta dive and boat-cruise operator di dapatkan hasil bahwa rata-rata ingin berkontribusi atau memberikan sumbangan untuk upaya pengelolaan KKP Nusa Penida melalui pemberlakukan biaya masuk (entrance fee) berkisar antara $5 - $15.

CTC akan menggabungkan hasil Willingness to Pay Study ini bersama dengan profile wisata bahari Nusa Penida yang telah dibuat sebelumnya bekerjasama dengan mahasiswa Universitas Brawijaya dan biaya yang dibutuhkan untuk mengelola KKP Nusa Penida setiap tahunnya, guna menentukan mekanisme pendanaan jangka panjang KKP Nusa Penida. Pada prinsipnya mekanisme tersebut harus sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku, akuntable dan transparan.

Mekanisme pendanaan jangka panjang ini merupakan salah satu indikator di dalam tata kelola sebuah KKP disamping indikator ekologi dan sosial ekonomi.

Tidak ada komentar: