Kamis, 28 Juli 2011

Profil Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida


Coral Triangle Center (CTC) yang sebelumnya bernaung dibawah The Nature Conservancy bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Pemerintah Kabupaten Klungkung telah menerbitkan Profil Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida, Kabupaten Klungkung - Bali. KKP Nusa Penida sendiri telah dicadangkan melalui Peraturan Bupati Klungkung No.12 tahun 2010 dengan total luas 20.057 hektar.

Profil KKP Nusa Penida setebal 78 halaman ini memuat kondisi umum Kecamatan Nusa Penida, potensi wisata bahari dan potensi perikanan. Selain itu di dalam Profil ini juga terdapat data data ekologi, sosial ekonomi dan oseanografi dari berbagai survey yang dilakukan CTC bersama para mitra. Data-data tersebut diantaranya data jenis terumbu karang, jenis ikan, jenis mangrove, jenis padang lamun, jenis burung, jenis mega-fauna laut, lokasi-lokasi penyelaman (dive point), lokasi-lokasi penangkapan ikan (fishing ground) dan data budaya serta matapencaharian masyarakat Nusa Penida.

Penyusun Profil ini adalah Nyoman Dharma, SH (Ketua POKJA KKP Nusa Penida dari PemKab Klungkung), Drs. Riyanto Basuki, MSi (Kabid KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ir. Marthen Welly (CTC Nusa Penida Project Leader).

Profil bisa didapatkan di kantor CTC dan pembuatan profil ini didanai oleh USAID-CTSP Indonesia.

Tidak ada komentar: