Kamis, 28 Juli 2011

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Ke Nusa Penida


Berkaitan dengan serangkaian acara Kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat - Hillary Clinton ke Bali pada minggu ketiga Juli 2011, Mario Otero - Wakil Hillary Clinton berkesempatan mengunjungi Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida pada tanggal 22 Juli 2011. Kunjungan Maria Otero tersebut untuk melihat salah satu lokasi KKP yang didanai oleh USAID Indonesia.

Pada kunjungan tersebut Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat tersebut didampingi oleh Direktur Lingkungan USAID Indonesia - Alfred Nakatsuma, Manager program Kelautan USAID Indonesia Celly Catharina, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Klungkung yang juga sebagai Ketua POKJA KKP Nusa Penida - Drh I.G.N Badiwangsa, Kabid Pulau Pulau Kecil - DPPK Klungkung - Rudiana, CTC MPA Learning Site Manager - Marthen Welly, CTC Outreach Coordinator - Wira Sanjaya, Godan Renosari - Deputi Conservation TNC dan Rudyanto - CSTP Manager TNC.

Pada kesempatan tersebut Ketua POKJA KKP Nusa Penida menjelaskan proses pembentukan KKP Nusa Penida dan kemajuan program terkait KKP Nusa Penida. Mario Otero juga sempat berbincang dan berdiskusi dengan masyarakat di Nusa Lembongan terkait POKMASWAS guna menanggulangi aktivitas menangkap ikan dengan cara merusak di dalam KKP Nusa Penida.

Marthen Welly dari CTC juga menjelaskan kondisi terumbu karang dan mangrove di Nusa penida serta manfaatnya bagi masyarakat Nusa Penida sehingga penting untuk dilindungi melalui pembentukan KKP yang didukung oleh USAID Indonesia.

Sebelum pulang menuju Tanjung Benoa, Maria Otero dan rombongan berkesempatan menyusuri perairan di sekitar Nusa Lembongan dan Nusa Penida untuk melihat secara langsung ekosistem mangrove, kegiatan pariwasata bahari, kegiatan perikanan dan budidaya rumput laut.

Mario Otero mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat pada prinsipnya sangat senang mendukung upaya pelestarian sumberdaya pesisir dan laut di Nusa Penida untuk kesejahteraan masyarakat Nusa Penida.



Foto by USAID Indonesia

Tidak ada komentar: